Cara Menanam Bunga Teratai di Taman Anda

Cara Menanam Bunga Teratai di Taman Anda

Raknagurdata – Ada beberapa jenis tanaman hias yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mereka memilih berbagai jenis tanaman hias untuk dijadikan tanaman yang bisa mempercantik taman atau teras. Banyak sekali keuntungan menanam bunga di taman yaitu suasana rumah menjadi asri, segar dan enak dipandang. Tanaman hias sendiri terdiri dari banyak jenis, mulai dari bunga hias, kaktus, hingga tanaman hias yang hanya terdiri dari daun.

Selain itu, lingkungan tanaman yang digunakan juga beragam, mulai dari tanah, pasir hingga lingkungan perairan. Bagi Anda yang lebih tertarik dengan tanaman hias air, ada banyak jenis tanaman hias yang tumbuh di lingkungan perairan. Salah satu tanaman tersebut adalah bunga teratai. Bunga teratai atau sering disebut dengan bunga teratai (Nelumbo nucifera) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh di air. Tanaman ini berasal dari India dan kini telah menyebar hampir ke seluruh dunia.

Banyak orang percaya bahwa bunga teratai sama dengan bunga teratai, meskipun secara taksonomi kedua tanaman tersebut berbeda. Tanaman teratai dari genus Nelumbo, sedangkan tanaman teratai dari genus Nymphea. Perbedaan lain yang bisa kita lihat dengan jelas pada bentuk kedua tanaman tersebut.

Tanaman teratai memiliki batang yang panjang dengan daun yang berada di atas air sedangkan tanaman teratai memiliki batang di dalam air dan hanya daunnya yang mengapung atau mengapung. Tanaman teratai ini sangat diminati dan ingin ditanam oleh para pecinta tanaman hias karena memiliki warna yang cantik dan cantik. Selain itu, tanaman ini juga erat kaitannya dengan ritual agama Hindu dan Budha.

Meskipun tanaman ini hanya dikenal sebagai tanaman hias, namun sebenarnya memiliki kelebihan sebagai obat yang berperan dalam berbagai penyakit. Seperti diabetes, demam, flu, dan diare juga bisa dijadikan suplemen untuk menjaga stamina. Inilah alasan mengapa banyak orang ingin menanam dan menanam tanaman teratai. Berikut Papan Bunga Makassar tunjukkan cara menanam bunga teratai yang perlu Anda ketahui.

Cara menanam bunga teratai

Menanam bunga teratai tidaklah sulit. Tanaman ini hanya membutuhkan waktu dua bulan dari menabur benih hingga tumbuh dan berbunga. Salah satu cara menanam bunga teratai adalah dengan menanam bijinya, berikut penjelasannya.

1. Biji bunga teratai

Hal pertama yang harus dilakukan dalam Cara Menanam Bunga Teratai adalah menyiapkan bibit bunga teratai. Pilih atau beli benih bunga teratai di toko benih terdekat. Selanjutnya, pastikan benih yang Anda pilih berkualitas baik. Jika mendapatkan biji bunga teratai langsung dari induknya, ambillah biji teratai. Buka dengan gunting atau benda tajam, tetapi ingat jangan sampai mengenai atau merusak embrio benih. Setelah itu, Anda bisa menabur benih bunga teratai hingga menjadi biji.

2. Biji bunga teratai

Langkah selanjutnya adalah menabur benih teratai sebagai berikut:

– Siapkan terlebih dahulu wadah berbentuk ember atau wadah lain seperti baskom kecil yang bisa disesuaikan dengan jumlah bibit bunga teratai yang akan ditanam. Kemudian isi wadah dengan air bersih.
– Kemudian masukkan biji teratai ke dalam wadah dan turunkan hingga muncul akar di dalam biji bunga teratai.
– Pada saat perawatan di tengah masa tanam, air dapat diganti setiap 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.
– Pada umumnya benih akan berakar sekitar 1 minggu setelah disemai, dan ciri-ciri benih yang siap ditanam adalah benih yang memiliki akar lunak dengan sekitar 2 sampai 3 helai daun.
– Anda dapat memindahkan benih ke media tanam setelah sekitar 2 minggu disemai, yaitu ketika benih sudah menjadi bibit dengan tinggi sekitar 3-5 cm.

3. Cara menanam bunga teratai

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan media tanam. Berbeda dengan media tanam bunga pada umumnya, saat menanam bunga teratai, substrat yang membutuhkan banyak air menjadi salah satu penjelasannya.

– Siapkan wadah atau media tanam kolam yang telah diisi tanah dan air. Saat menggunakan pot, pastikan tidak ada lubang di bawahnya, karena biasanya pot bunga selalu memiliki lubang di bagian bawah.
– Pilih wadah yang memiliki permukaan besar. Hal ini dikarenakan bunga teratai akan mengembang dan memenuhi permukaan wadah.
– Masukkan tanah yang belum tercampur pupuk ke dalam wadah yang telah Anda siapkan dan biarkan selama kurang lebih 2 minggu.
– Kemudian tanam biji teratai di substrat dengan air. Kuras sedikit air untuk memastikan Anda menanamnya dengan baik dan Anda dapat melihat bahwa akar bunga teratai terbenam ke dalam tanah.
– Kemudian tambahkan air secukupnya hingga mencapai ketinggian di bawah daun dan lihat daun teratai mengapung.
– Tahap terakhir adalah pemberian pupuk setelah masa transfer sekitar 2 minggu.

Sumber: Florist Makassar